Telaah muatan nilai multikultural dalam materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP kelas VII

Renny Widia Sari, Iqbal Arpannudinb

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks siswa mata pelajaran PPKn, (2) menganalisis penjabaran nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks siswa mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa mata pelajaran PPKn kelas VII yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan serta yang diterbitkan Erlangga. Pengumpulan data meliputi tahap pembacaan, pengkodean, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Validitas data dalam penelitian ini adalah validitas semantic, sementara reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas stabilitas dan replkabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, buku teks siswa mata pelajaran PPKn kelas VII yang diterbitkan erlangga memuat 15 ekspresi multikultural dengan ekspresi yang paling banyak muncul adalah pluralitas. Sedangkan pada buku teks siswa PPKn kelas VII yang diterbitkan, Erlangga juga memuat 15 ekspresi multikultural dengan ekspresi yang paling banyak muncul adalah toleransi. Kedua, penjabaran nilai multikultural yang paling dominan termuat pada komponen materi pembelajaran, sedangkan refleksi pembelajaran menjadi komponen paling sedikit menjabarkan nilai-nilai multkultural.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.