Upaya Komite Kesejahteraaan dan Perlindungan Anak (KKPA) Tunas Nugraha dalam Mewujudkan Pemenuhan Hak-Hak Anak

Bela Utami, Eny Kusdarini

Abstract


Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang berjudul "Peranan Komite Kesejahteraan Dan Perlindungan Anak (KKPA) dalam Perwujudan Perlindungan Anak Kalurahan Mulyodadi Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul" dengan tujuan untuk mendiskripsikan pemenuhan hak-hak anak di Kalurahan Mulyodadi Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penetuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Dalam pratiknya pemerintah dalam memberikan hak-hak anak dilingkup Kalurahan sudah ada. Hasil penelitian menujukan bahwa upaya Komite Kesejahteraan Dan Perlindungan Anak (KKPA) Tunas Nugraha dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak anak melalui peranannya dengan sososialisasi dan berkerjasama dengan lembaga-lembaga berwenang terkait perlindungan yakni Polres dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.