Pengaruh E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Atas

Hanesty Ayu Prananda, suyato suyato

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh positif pemanfaatan e-learning terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X berjumlah 198 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 93 peserta didik dengan pengambilan sampel tiap kelas menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dan uji-f dengan bantuan program IBM SPSS v22. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bajwa ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan e-learning terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Godean. Hal ini dapat dibuktikan dengan  nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X (pemanfaatan e-learning)  memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y (minat belajar) PPKn di SMA N 1 Godean.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.