Peningkatan Patriotisme Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Memanfaatkan Pesan Moral dalam Film Gundala

Dyah Ajeng Putri Auralia, suyato suyato

Abstract


Peneliatian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan moral dalam film Gundala sebagai media penguatan pendidikan karakter patriotisme, menemukan relevansi pesan moral dalam film Gundala terhadap upaya peningkatan patriotisme siswa sekolah menengah atas, dan mengetahui cara penyajian film Gundala agar dapat bermanfaat untuk peningkatan patriotisme siswa SMA pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menganalisis isi film Gundala –diakses secara legal melalui Netflix dan Disney+. Pengumpulan data terbagi atas dua tahap; observasi film dan wawancara guru PPKn SMA di Kabupaten Gresik. Hasil yang ditemukan ialah: (1) film Gundala memuat pesan moral yang dapat dimanfaatkan untuk PPK khususnya patriotisme, (2) film Gundala dinilai relevan untuk siswa SMA dengan mempertimbangkan usia siswa, substansi film, dan kecocokan film dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat SMA, (3) penyajian film Gundala untuk peningkatan patriotisme dapat dilaksanakan dalam dua cara, yakni menonton bersama guru atau siswa menyaksikan secara mandiri sebagai penugasan dengan panduan dari guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.