Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Motivator Kelas VII Pada Pembelajaran Daring DI SMP Negeri 25 Purworejo

Pelangi Azizah Fahmi, suyato suyato

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PPKn  di SMP Negeri 25 Purworejo; (2) mendeskripsikan  aktulisasi peran guru sebagai motivator pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 25 Purworejo; dan (3) mendeskripsikan faktor yang menghambat guru mengaktualisasikan perannya sebagai motivator pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 25 Purworejo  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu Guru PPKN kelas VII, Peserta didik kelas VII dan Wakil Bidang Kurikulum SMP Negeri 25 Purworejo . Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran daring PPKn dibagi menjadi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) aktualisasi peran guru PPKn sebagai motivator belum dapat dikatakan terkatualisasi secara optimal. (3) Hambatan guru dalam mengaktualisasikan perannya sebagai motivator ketika pembelajaran daring diantaranya guru tidak dapat melihat perkembangan peserta didik secara langsung, sarana dan prasarana yang kurang menunjang pembelajaran daring, kompetensi guru terkait pemahaman peran guru sebagai motivator

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.