Analisis kendala dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh PPKn masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karangpandan

Pradipta Asti Pratiwi, suyato suyato

Abstract


Perubahan model pembelajaran yang semula tatap muka menjadi jarak jauh merupakan dampak nyata pandemi Covid-19 pada bidang pendidikan. Hal tersebut tidaklah mudah, karena tidak sepenuhnya siap sehingga dalam pelaksanaannya mengalami kendala. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh PPKn masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karangpandan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yaitu: Kepala SMA Negeri Karangpandan, Guru PPKn, Siswa Kelas X-XII masing-masing satu orang, dan orang tua. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan cross check. Data dalam penelitian ini dianalisis secara induktif dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kendala yang dihadapi guru PPKn yaitu kemampuan guru yang masih kurang dalam menggunakan teknologi, guru sulit mengelola kelas, guru tidak dapat melakukan penilaian sikap secara maksimal, dan jaringan internet yang tidak stabil.; (2) Kendala yang dihadapi siswa yaitu siswa memerlukan waktu untuk beradaptasi mengikuti perubahan model pembelajaran, tidak semua siswa memiliki fasilitas penunjang pembelajaran, siswa cenderung kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, sinyal internet yang tidak stabil, pengaruh lingkungan, dan daya serap siswa rendah terhadap materi pelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.