Pendidikan Politik dan Partisipasi Politik Anggota Karang Taruna pada Pilkada Kabupaten Sukoharjo tahun 2020 (Studi Kasus di Desa Daleman)

Shanandra Agna Ghasani, Nasiwan Nasiwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan pendidikan politik anggota Karang Taruna di Desa Daleman, (2) Menggambarkan partisipasi politik anggota Karang Taruna di Desa Daleman dalam Pilkada Kabupaten Sukoharjo 2020, (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi latar belakang partisipasi politik anggota Karang Taruna di Desa Daleman dalam Pilkada Kabupaten Sukoharjo 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah yaitu Ketua dan Anggota Karang Taruna di Desa Daleman, Kepala Desa Daleman, Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pendidikan politik anggota Karang Taruna di Desa Daleman berjalan kurang baik karena kurangnya kesadaran politik anggota Karang Taruna di Desa Daleman sehingga bersikap acuh tak acuh bahkan memilih menjadi golongan putih (golput). (2) Partisipasi politik anggota Karang Taruna di Desa Daleman dalam Pilkada Kabupaten Sukoharjo 2020 hanya didasari oleh adanya imbalan materiil serta kebiasaan ikut-ikutan karena mobilisasi dan propaganda tanpa adanya pilihan rasional dan pertimbangan yang matang. (3) Faktor-faktor yang menjadi latar belakang partisipasi anggota Karang Taruna di Desa Daleman dalam Pilkada Sukoharjo 2020 yaitu karena adanya faktor perangsang, faktor karakteristik pribadi, faktor karakteristik sosial, faktor lingkungan, dan pendidikan politik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.