Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Vika Aprillia, Suyato Suyato

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada masa pandemi Covid-19, hambatan, dan upaya untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi guru PPKn serta peserta didik SMP Negeri 1 Lendah yang dipilih menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru PPKn menggunakan RPP satu lembar, media yang digunakan berupa buku, HP dan laptop. WhatsApp dan Google Classroom merupakan platform yang digunakan pada saat pembelajaran. Evaluasi dilaksanakan melalui pemberian tugas dan ulangan; 2) Hambatannya berupa sinyal internet; 3) Upaya yang dilakukan yaitu dengan selalu memantau peserta didik, menggunakan platform ringan, serta keluar rumah untuk mencari sinyal internet.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.