MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KALANGAN SISWA SMP DI ERA PANDEMI COVID-19

Almira Puji Utami, Suyato Suyato

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sleman; 2) Mengetahui minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sleman dalam pembalajaran daring mata pelajaran PPKn; 3) Mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sleman dalam mata pelajaran PPKn; 4) Mengetahui upaya yang diusahakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adala guru PPKn kelas IX SMP Negeri 5 Sleman dan siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yakni wawancara dan dokumentasi.  Selanjutnya dalam menganalisis data peneliti merujuk pada model yang dituliskan Miles dan Huberman yaitu meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan  kesimpulan. Penelitian ini mendapatkan temuan sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sleman dilakukan menggunakan platform Whatsapp, Google Classroom, dan Email dengan penyesuaian alokasi waktu dan materi. Kedua, Minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sleman selama pembelajaran daring masih rendah, hal tersebut terlihat dari indikator yang ada seperti ketertarikan, perhatian dan partisipasi yang masih rendah dalam mengikuti pembelajaran daring. Ketiga, faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas IX dalam pembelajaran daring mata pelajaran daring mata pelajaran PPKn diantaranya, yaitu, 1) Faktor yang berasal dari internal yaitu niat yang kurang, kurangnya kesungguhan mengerjakan tugas, dan sikap cenderung kurang mementingkan mata pelajaran PPKn 2) Faktor yang berasal dari eksternal yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua, keterbatasan fasilitas, terpengaruh teman sepergaulan, dan pemanfaatan media yang kurang terkontrol. Keempat, upaya yang diusahakan guru dalam meningkatkan minat belajar diantaranya, 1) Pembelajaran variatif 2) Memberikan akses fasilitas, 3) Pengiriman tugas secara langsung ke sekolah.

Kata kunci: Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.