PENGARUH MATODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN MEDIA ROLET TERHADAP PEMAHAMAN HAK DAN KEWAJIBAN ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA

Karina Novira Winata, Mukhamad Murdiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media rolet terhadap pemahaman materi Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Mansia dalam perspektif Pancasila; serta (2) pengaruh strategi pembelajaran Team Quiz dengan media Rolet terhadap pemahaman materi Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Mansia dalam perspektif Pancasila

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain quasi experiment tipe non equivalent control group design, Pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi 30 peserta didik di kelas XI IPS 2 dan 32 peserta didik di XI MIPA 3 MAN 1 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 62 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan stastistik deskriptif. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa tes pre-test dan tes post- test. Instrumen yang digunakan berupa soal pre-test dan post-test serta media Rolet.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran team quiz dengan media pembelajaran rolet. Hal ini dapat di lihat dari hasil uji hipotesis yang di hitung menggunakan aplikasi program SPSS versi 23 dengan nilai probabilitas pada kelas eksperimen sebesar 0,00 dimana nilai p<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak atau dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan metode team quiz dengan media Rolet terhadap materi Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila. (2) Tidak ada pengaruh media rolet yang signifikan terbukti dari perhitungan data melalui aplikasi SPSS versi 23 dengan hasil probabilitas sebesar 0,776. nilai p>0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak atau dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan pembelajaran hanya menggunakan media rolet terhadap prestasi belajar pada materi Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Team Quiz, Media Pembelajaran, Rolet, Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.