PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TENTANG LEMBAGA NEGARA

Nungky Safitri, suyato suyato

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Google Classroom yang diterapkan sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar PPKn pada KD 3.3 kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta yang berjumlah 324 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yakni dua kelas X di SMA Negeri 11 Yogyakarta dipilih secara acak dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), terdiri dari angket pretest dan angket posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dengan tingkat signifikansi hasil analisis 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran PPKn pada KD 3.3 terhadap minat belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Hal ini diindikasikan oleh nilai thitung pada posttest minat belajar siswa lebih besar dari ttabel dengan df 70 (2,682 ˃ 1,994) dan nilai signifikansi sebesar 0,009 lebih kecil dari nilai taraf  signifikansi 5% (0,009 < 0,05).

Kata kunci: Minat belajar, Media Pembelajaran, Google Classroom

Refbacks

  • There are currently no refbacks.