PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN

Vivi Indah Yuniar, Mukhamad Murdiono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar PPKn terhadap wawasan kebangsaan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sewon sebanyak 130 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 98 peserta. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas data, uji linearitas, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan model uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar PPKn berpengaruh positif dan signifikan terhadap wawasan kebangsaan hal ini didasarkan pada nilai thitung> ttabel (9,656>1,985) pada taraf signifikansi 0,000 (P<0,05). Besarnya hasil koefisien korelasi sebesar 0,702, artinya hubungan intensitas belajar PPKn dengan wawasan kebangsaan dikategorikan kuat positif. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,493 mengindikasikan bahwa besarnya kontribusi intensitas belajar PPKn terhadap wawasan kebangsaan sebesar 49,3% sedangkan sisanya 50,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Kata kunci: Pengaruh, Intensitas Belajar, Wawasan Kebangsaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.