PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN

Ganjar Retno Sulastri, Samsuri Samsuri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigaw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Yogyakarta; dan (2) pengaruh metode pembelajaran diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dan VIII-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar PPKn siswa SMP; dan (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar PPKn siswa SMP.

Kata kunci: Pembelajaran Jigsaw, diskusi kelompok, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.