PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH AFEKTIF KELAS X SMA/SMK

Endah Nina Yaroh, suyato suyato

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas untuk Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganeagaran kompetensi dasar menunjukkan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai pancasila kelas X SMA/SMK. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan  focus group discussion  Instrumen penilaian menggunakan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R & D. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan validitas, reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan dari telaah tim ahli, instrumen berkriteria layak dengan persentase dan hasil telaah guru memiliki kriteria sangat layak dengan persentase 95%. Sedangkan dari hasil uji coba kelompok kecil 34 (61%) pernyataan valid dan 22 (39%) pernyataan belum valid. Setelah instrumen diperbaiki, instrumen digunakan untuk uji lapangan dengan responden 31 peserta didik  98 % pernyataan valid. Dari hasil uji lapangan diperoleh instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas dan telah teruji.

Kata kunci : Instrumen Penilaian Ranah Afektif, Validasi, Reliabilitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.