PENGARUH IMPLEMENTASI DISKUSI DILEMA MORAL DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA

Anisa Eka Pratiwi, samsuri samsuri

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan metode diskusi dilema moral dalam pembelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) terhadap prestasi belajar siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan lembar pengamatan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi dilema moral dalam pembelajaran PPKn terhadap prestasi belajar siswa SMA yang ditunjukkan nilai pretest thitung<ttabel, (-6.933< 2.06). Nilai posttest thitung<ttabel, (-1.654<2.06). Signifikansinya diperoleh 0,00 sehingga jelas signifikansinya < 0.05.
Kata kunci: Diiskusi Dilema Moral, PPKn, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.