EFEKTIVITAS MEDIA FILM "MATA TERTUTUP" DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI UMAT BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS X DI MAN 2 YOGYAKARTA

Kastirah Kastirah, Suyato Suyato

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film “Mata Tertutup” dalam penanaman nilai-nilai toleransi terhadap siswa pada pembelajaran PPKn kelas X di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2018 di MAN 2 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan terdapat dua sampel yaitu kelas X IBB dan X IPA 3. Metode pengumpulan data menggunakan: (1) tes untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, (2) angket untuk mengukur perbedaan sikap toleransi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment, (3) dokumentasi untuk mendapatkan data di sekolah, seperti silabus, RPP, dan foto kegiatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji N-gain, uji Normalitas Data One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, dan uji Hipotesis Independent Sample t Test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media film “Mata Tertutup” efektif untuk penanaman nilai-nilai toleransi umat beragama dalam pembelajaran PPKn kelas X di MAN 2 Yogyakarta. Pemahaman nilai toleransi kelas kontrol mengalami peningkatan yaitu dari 67,12 saat pretest menjadi 76,73 saat posttest dengan peningkatan sebesar 9,61 (14,31%), sedangkan sikap toleransi melalui kuesioner mengalami peningkatan pada kelas eksperiment yaitu dari 78,78 saat pretest menjadi 88,53 saat posttest dengan peningkatan sebesar 9,75 (12,37%).

Kata kunci: Efektivitas, Media Film “Mata Tertutup”, dan Sikap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.