PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

Itsna Wardanati Itsna

Abstract


Abstrak                                                             

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran PKn terhadap keaktifan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid, (2) pengaruh penggunaan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran PKn terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid yang berjumlah 109 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian sehingga diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen (26 peserta didik) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (25 peserta didik). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran PKn berpengaruh signifikan terhadap keaktifan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid. Hal ini dibuktikan dengan pengujian independent sample t-test yang dilakukan pada skor keaktifan peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai t empirik pada keaktifan peserta didik sebesar 3,305 dan nilai t teoritik sebesar 2,011 dengan df 48 pada taraf signifikansi 5% (t empirik > t teoritik) serta nilai signifikansi sebesar 0,002  (sig < 0,05). (2) penggunaan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran PKn berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid. Hal ini dibuktikan dengan pengujian independent sample t-test yang dilakukan pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai t empirik pada posttest sebesar 7,315 dan nilai t teoritik sebesar 2,011 dengan df 48 pada taraf signifikansi 5% (t empirik > t teoritik) serta nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05).

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Keaktifan, Prestasi Belajar  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.