PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SANGGAR ANAK ALAM YANG MENERAPKAN PENDIDIKAN KRITIS

Lina Nur Savangah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta metode pembelajaran yang digunakan Sanggar Anak Alam untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yang terdiri dari pembelajar kelas 1 dan 5, fasilitator kelas 1 dan 5, ketua Sanggar Anak Alam dan pendiri Sanggar Anak Alam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi, kemudian di analisis dengan menggunakan langkah-langkah: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Sanggar Anak Alam menerapkan konsep pendidikan kritis di dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pendidikan Kewarganegaraan di Sanggar Anak Alam diterapkan atau ditanamkan melalui metode pembelajaran yang lebih humanis, beragam dan menarik. Hal ini dilakukan agar nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya menjadi sebatas hafalan semata. Metode pembelajaran yang digunakan Sanggar Anak Alam diantaranya melalui kegiatan bermusik, Mini Trip atau Kunjungan, serta Wiwitan dan Pesta Panen.

Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Kritis, Sanggar Anak Alam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.