PENGARUH STATUS USBN PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Adnan Budi Kristiawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh status USBN PPKn terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas X di SMK Negeri kabupaten Gunungkidul, 2) pengaruh status USBN PPKn terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Negeri kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X jurusan TSM SMKN 1 Gedangsari, jurusan TKJ SMKN 1 Saptosari, jurusan OTKP SMKN 1 Tepus, dan jurusan TB SMKN 3 Wonosari, dengan jumlah 119 peserta didik. Pengumpulan data dengan teknik angket untuk motivasi belajar dan teknik dokumentasi nilai UTS untuk prestasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan rumus uji t dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan komputer SPSS: PASW 18. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan status USBN PPKn terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai thitung 2,476 dan nilai signifikan 0,014. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan status USBN PPKn terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai thitung 8,263 dan nilai signifikan 0,000.

Kata kunci: USBN, mata pelajaran PPKn, motivasi dan prestasi belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.