PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Jesica Lesmana Jesica

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan karakter kebangsaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 4 guru. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dengan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan karakter kebangsaan dapat berjalan dengan maksimal jika didukung oleh pihak sekolah berupa fasilitas penunjang serta kebiasaan yang diterapkan di sekolah tersebut. Ekstrakurikuler bela negara, perkemahan bela bangsa, perkemahan bhakti teknika, persami dan kegiatan bakti social masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dapat meningkatkan karakter kebangsaan siswa. Kegiatan perkemahan bersifat wajib untuk ekstrakurikuler besifat pilihan dengan satu ekstrakurikuler wajib. Penerapan full day school membuat kurang maksimalnya pelaksanaan Pendidikan karakter kebangsaan karena jadwal ekstrakurikuler banyak yang bersamaan di hari sabtu dan minggu. Hambatan lainnya berupa perbedaan usia guru membuat pembelajaran yang diterima oleh siswa berbeda-beda. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan melaksanakan rapat 6 bulan sekali berupa evaluasi dan peningkatan kualitas guru.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Karakter kebangsaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.