PERANAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM PENDIDIKAN POLITIK DI PERGURUAN TINGGI

Nanik Widiana Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan politik HMI UNY, peranan HMI UNY dalam pendidikan politik, dan hambatan yang dihadapi oleh HMI UNY dalam melaksanakan pendidikan politik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan model deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yang terdiri dari anggota dan alumni HMI UNY. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Validitas data dalam memeriksa keabsahan data pada penelitian ini menggunakan taraf kepercayaan data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data dilakukan secara siklus yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep pendidikan politik HMI UNY merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk memberikan pemahaman dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan terhadap kader. Peranan HMI dalam pendidikan politik yaitu dalam membentuk warga negara yang baik dan memiliki kesadaran serta perbuatan politik atau melek politik dalam menyiapkan kader bangsa, keterampilan yang dimiliki baik dari segi diskusi, manajemen forum dapat diterapkan di Kampus. Faktor yang menghambat HMI dalam pelaksanaan pendidikan politik bagi mahasiswa meliputi krisis kaderisasi, adanya benturan waktu pelaksanaan kegiatan, militansi dari setiap individu yang rendah, rendahnya kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya pendidikan politik, organisasi HMI membutuhkan penguatan kelembagaan di Kampus, dan Kultur UNY yang merupakan kampus pendidikan.

Kata Kunci: Himpunan Mahasiswa Islam, Pendidikan Politik, dan Perguruan Tinggi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.