PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN

Lilis Setiawati Lilis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran PPKn terhadap pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan jumlah 227 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yang mana kelas X MIPA 3 (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 (33 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai dan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikansi 5% yang dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik klarifikasi nilai memberikan pengaruh signifikan terhadap pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Hal ini dibuktikan dari thitung sebesar 6,319 dan nilai ttabel sebesar 4,01 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,000. Nilai thitung > ttabel (6,319>4,01), atau nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05).

Kata kunci: Teknik klarifikasi nilai, Pembelajaran PPkn, Berpikir Kritis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.