STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN WAWASAN GLOBAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA

Andhika Firli Anggara

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi guru dalam pengembangan wawasan global, (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi pengembangan wawasan global peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila, dan (3) upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK se- Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif yang mencakup reduksi data, display data, dan pengambilan simpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan wawasan global peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila dilakukan dengan (1) strategi guru menyisipkan wawasan global ke dalam materi. (2) Kendala yang dihadapi dalam pengembangan wawasan global berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Pertama, sistem teacher center, membuat siswa yang kurang aktif mengikuti pelajaran. Kedua, guru tidak mampu melakukan pengawasan terhadap siswa yang bersifat hedonis dan konsumtif. Ketiga, siswa cenderung tidak menyukai mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Keempat, guru kurang optimal dan kurangnya wawasan guru mengenai wawasan global. (3) Upaya yang dilakukan guru menghadapi kendala yang muncul, yaitu dengan Pertama, guru melakukan pengawasan ke siswa lebih tegas. Kedua, siswa diberikan kuis atau games. Ketiga, penerapan sanksi bagi siswa yang tidak mengikuti pelajaran, yaitu dengan pemberian tugas. Keempat, guru menambah wawasan dengan membaca artikel mengenai wawasan global.

Kata kunci: Strategi Guru, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Wawasan Global, Pancasila


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.