IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 GODEAN

Tiara Iftiyani, Sugiyem M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: 1)Proses pembelajaran pembuatan celana anak di SMK N 2 Godean, 2)Kesulitan belajar pembuatan celana anak ditinjau dari prosedur pembuatan celana anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dari penelitian ini yakni siswa kelas X Busana yang berjumlah 94 siswa, sampel penelitian siswa Kelas X Busana I yang berjumlah 32 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Pembuktian validitas angket dan lembar observasi menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1)Proses pembelajaran pembuatan celana anak dinilai kurang efektif, sebanyak 14 siswa (44%) belum mencapai KKM, sebanyak 18 siswa (56%) sudah mencapai KKM. 2)Pada tahap persiapan, kesulitan tertinggi yang dialami siswa adalah menyiapkan alat. Pada tahap proses kesulitan tertinggi adalah menjahit ban pinggang. Pada tahap penyelesaian kesulitan yang dialami siswa adalah pada saat melakukan penyetrikaan akhir.
Kata Kunci: Identifikasi, Kesulitan Belajar, Celana Anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.4472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1