PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN BUSANA ANAK MELALUI METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Puji Lestari, Dr. Widihastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melaksanakan pembelajaran menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran pembuatan busana anak siswa kelas X busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel, (2) meningkatkan motivasi belajar untuk pencapaian kompetensi pembuatan busana anak menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari Perencanaan, Tindakan & Observasi, Refleksi. Validitas dibuktikan berdasarkan judgement expert dan estimasi reliabilitas instrumen menggunakan procentage of agreement. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan metode Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran pembuatan busana anak dilakukan dengan 3 tahap yaitu pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup, (2) motivasi belajar siswa pra siklus dalam kategori rendah, pencapaian kompetensi 7% siswa kompeten. Siklus 1 motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi, pencapaian kompetensi 67% siswa kompeten. Siklus 2 motivasi belajar siswa dalam kategori sangat tinggi, pencapaian kompetensi 100% siswa kompeten. Hal ini membuktikan bahwa metode Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk pencapaian kompetensi pembuatan busana anak. Kata kunci : Motivasi Belajar, Metode Practice Rehearsal Pairs, Membuat Busana Anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.4454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1