PENGARUH JOBSHEET DALAM MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA CELANA PANJANG PRIA

Resti Nur Utami, Dr. Sri Wening

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian kompetensi pembuatan pola celana panjang pria pada kelas kontrol dan eksperimen. 2) pendapat siswa tentang penggunaan media jobsheet. 3) pengaruh media jobsheet dalam model pembelajaran cooperative learning terhadap pencapaian kompetensi. Metode penelitian dengan quasi eksperiment Pretest and Posttest nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Wonosari dengan subyek kelas X BB dengan jumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes, sedangkan analisis data menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan: 1) pencapaian kompetensi kategori tuntas kelas kontrol sebanyak 56,25%, sedangkan kelas eksperimen 100%. 2) pendapat siswa kategori baik, menunjukkan bahwa siswa mudah memahami materi. 3) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan perhitungan uji t yaitu thitung >ttabel 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan media jobsheet dalam model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa. Kemudian ditunjukkan hasil rerata kelas eksperimen sebesar 88,9 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,41.
Kata Kunci
:
Jobsheet, Pencapaian Kompetensi, Pola Celana Panjang Pria

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.4413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1