IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MENGAIT (CROCHET) PADA SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Ema Regina Ginting, Enny Zuhni Khayati, M.Kes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa pada
saat belajar mengait yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan finishing. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program Studi Busana Butik SMK Karya
Rini Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket,
observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami
siswa kelas X program studi Busana Butik dalam proses belajar mengait sebagai berikut; 1)
tahap persiapan masuk pada kategori tidak mengalami kesulitan yang berarti dengan
presentase 47,83%, 2) tahap pelaksanaan masuk pada kategori tidak mengalami kesulitan
yang berarti dengan presentase 47,83%, 3) tahap finishing masuk pada kategori siswa merasa
kesulitan dengan presentase 47,83%. Maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar
mengait (crochet) siswa kelas X di SMK Karya Rini tidak mengalami kesulitan yang berarti.
Kata kunci : kesulitan belajar, mengait (crochet), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i4.4405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1