HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KREATIVITAS MEMBATIK PADA SISWA DI SMK N 1 NGAWEN

Raeza Marhaeni, Kapti Asiatun,M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui motivasi belajar siswa di SMK N 1 Ngawen dalam membuat motif batik; (2) mengetahui kreativitas siswa di SMK N 1 Ngawen dalam membuat motif batik; dan (3) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kreativitas siswa dalam membuat motif batik di SMK N 1 Ngawen tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian corelational. Populasi penelitian adalah siswa kelas x Tata Busana tahun ajaran 2015/2016 di SMK N 1 Ngawen sebanyak 72 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 36 siswa ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik inferensial dengan metode non parametrik menggunakan corelational product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) motivasi belajar siswa kelas x Tata Busana dalam membuat motif batik pada mata pelajaran Seni Batik di SMK N 1 Ngawen dikategorikan pada motivasi sedang, ditunjukkan dengan prosentase frekuensi paling tinggi pada kategori sedang 36,11% = 36%; (2) kreativitas pada siswa kelas x Tata Busana dalam membuat motif batik pada mata pelajaran Seni Batik di SMK N 1 Ngawen dikategorikan pada kreativitas sedang, ditunjukkan dengan prosentase frekuensi paling tinggi pada kategori sedang 38,9% = 38%; (3) ada hubungan antara motivasi belajar siswa dengan kreativitas membatik ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,914 dan diinterpretasikan terdapat hubungan yang kuat.
Kata kunci : motivasi belajar, kreativitas membatik, siswa SMK N 1 Ngawen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i4.4403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1