HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK PERENCANAAN DAN PEMBUATAN MARKER LAYOUT SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA

Ayu Suryani, Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Si

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui tingkat disiplin belajar siswa, (2) mengetahui pencapaian kompetensi praktik perencanaan dan pembuatan marker layout, (3) membuktikan adanya hubungan disiplin belajar dengan pencapaian kompetensi praktik perencanaan dan pembuatan marker layout. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana SMK N 4 Yogyakarta sebanyak 122 siswa. Sampel penelitian sebanyak 89 siswa ditentukan dengan teknik Proportionate Random Sampling. Data disiplin belajar diperoleh dengan angket dan data pencapaian kompetensi diperoleh dengan tes pencapaian kompetensi. Analisis data secara deskriptif dan inferensial dengan teknik korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat disiplin belajar siswa 21% kategori sangat tinggi, 67% kategori tinggi, 12% kategori sedang, dengan demikian disiplin belajar siswa dalam kategori tinggi. (2) pencapaian kompetensi praktik perencanaan dan pembuatan marker layout 71% mencapai kompeten, 29% belum kompeten. (3) terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan pencapaian kompetensi praktik perencanaan dan pembuatan marker layout siswa kelas XI Tata Busana SMK N 4 Yogyakarta pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung (0,611) > rtabel (0.207).
Kata Kunci: disiplin belajar, pencapaian kompetensi, praktik perencanaan dan pembuatan marker layout.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i4.4401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1