PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PENGASIH MELALUI PENGGUNAAN MODUL PEMILIHANBAHAN UTAMA

Nisty Rahayu N., Dr. Widihastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk : meningkatkan pencapaian kompetensi siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih melalui penggunaan modul pemilihan bahan utama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan & pengamatan serta refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pengasih dengan subjek penelitian siswa kelas X Tata Busana berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : penggunaan modul pemilihan bahan utama dalam pembelajaran mampu meningkatkan pencapaian kompetensi siswa yang dibuktikan oleh adanya peningkatan jumlah persentase (%) siswa yang tuntas atau mencapai kompetensi dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hal ini berarti bahwa penerapan/penggunaan modul pemilihan bahan utama dalam pembelajaran mampu meningkatkan pencapaian kompetensi siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih.
Kata kunci : modul, pemilihan bahan utama, pencapaian kompetensi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i4.4400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1