PEMBELAJARAN LANGSUNG PEMBUATAN POLA TEKNIK DRAPING BERBANTUAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMK

Anisa Thul Hasanah, Dr. Widjiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran pembuatan pola dengan
teknik draping menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis Adobe Flash, 2)
mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan pola dengan teknik draping menggunakan model
pembelajaran langsung berbantuan media berbasis Adobe Flash, 3) mengetahui pendapat siswa mengenai
media berbasis Adobe Flash membuat pola dasar dengan teknik draping. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini
siswa kelas X Busana Butik SMK N 1 Ngawen berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dengan
melaksanakan observasi pelaksanaan pembelajaran,memberikan tes essay dan tes unjuk kerja, dan
menyebar angket pendapat siswa mengenai media berbasis Adobe Flash membuat pola dasar dengan
teknik draping. Uji validitas instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan ahli (expert judgements).
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini
adalah : 1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola dengan teknik draping menggunakan model
pembelajaran langsung berbantuan media berbasis adobe flash pada kelas X Busana Butik di SMK N 1
Ngawen, adalah sebagai berikut : pada kegiatan pendahuluan guru menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa, pada kegiatan inti guru mendemostrasikan pengetahuan dan keterampilan
berbantuan media berbasis adobe flash, guru membimbing pelatihan pembuatan pola dengan teknik
draping, guru mengecek pemahaman siswa tentang materi pembuatan pola dengan teknik draping dan
memberikan umpan balik, pada kegiatan penutup guru memberikan latihan lanjutan pembuatan pola
dengan teknik draping., 2) Terjadi peningkatan kompetensi siswa, pada pra siklus, 0 siswa belum
mencapai KKM dengan rata-rata nilai 61,48. Pada siklus I kompetensi siswa meningkat sebesar 45,71 %
yaitu 16 siswa sudah mencapai KKM dan 19 siswa masih di bawah KKM dengan rata-rata nilai 74,27.
Pada Siklus II meningkat sebesar 54,29% yaitu 35 siswa sudah mencapai KKM dengan rata-rata nilai
85,23, 3) Pendapat siswa tentang media berbasis adobe flash untuk pembuatan pola dasar dengan teknik
draping menunjukkan bahwa siswa berada pada kategori sangat senang dengan nilai mean 76,57.
Sebanyak 30 siswa (85,71%) pada katagori sangat senang, sebanyak 5 siswa (14,29%) pada kategori
senang dan siswa yang tidak senang tidak ada. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan
pembelajaran langsung berbantuan media adobe flash dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam
pembelajaran pembuatan pola dengan teknik draping.
Kata Kunci : model pembelajaran langsung, kompetensi pembuatan pola dengan teknik draping ,media
berbasis Adobe Flash

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i4.3766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1