PENGARUH METODE GRUP INVESTIGASI TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BLUS

Siti Handayani A.R., Widyabakti Sabatari M.Sn.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pencapaian kompetensi siswa pada pembuatan pola blus sebelum menggunakan metode grup investigasi ; 2) mengetahui pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran pembuatan pola blus setelah menggunakan metode grup investigasi ; dan 3) membuktikan adanya pengaruh penerapan metode grup investigasi terhadap pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran pembuatan pola blus.Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental designs, dengan one group pretest posttest design. Subyek penelitianadalahseluruh siswa kelas X Busana Butik SMK Ma’arif Semanu, sebanyak 19 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan penilaian unjuk kerja. Validitas instrumen menggunakan validitas konstrak,sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan KR-20, alpha conbrach,dan kesepakatan antar rater. Analisis data menggunakan uji t (t-test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran pembuatan pola blus sebelum menggunakan metode grup investigasi pada kategori belum tuntas (44%), sedangkan tuntas (56%) dan 2) pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran pembuatan pola blus setelah menggunakan metode grup investigasi seluruh siswa berada pada kategori tuntas yaitu (100%), 3) terbukti adanya pengaruh pada penggunaan metode grup investigasi terhadap pencapaian kompetensi, hal
ini ditunjukan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung9,718>ttabel2,034, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode grup investigasi terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola
blus di SMK Ma’arif Semanu.
Kata kunci : Metode Grup Investigasi, Kompetensi Pembuatan Pola Blus

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i1.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1