PENGARUH FIKSATOR JERUK NIPIS (Citrusaurantifolia) TERHADAP KETAHANAN LUNTUR WARNA PADA BAHAN KATUN DAN SUTERA MENGGUNAKAN PEWARNA BUNGA TELANG (Clitoria Ternatea L)

Bitah Nindya Ardani, Enny Zuhni Khayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Jenis (hue) / arah warna hasil pencelupan katun dan sutera dengan pewarna bunga telang dan fiksator jeruk nipis (2) Ketahanan luntur katun dan sutera yang diwarnai dan difiksasi (3) Pengaruh fiksator jeruk nipis terhadap ketahanan luntur katun dan sutera yang diwarna dan difiksasi. Penelitian ini adalah eksperimen murni, dengan 3 desain penelitian factorial AB; Populasi bunga telang biru; sampel 500 gr bunga telang diekstrak dengan 2500 ml air. Teknik pengumpulan data yaitu pengujian ketahanan luntur warna terhadap pencucian sabun dan penodaan kain putih, uji ketahanan luntur warna terhadap gosokan kering di laboratorium evaluasi tekstil UII. Instrumen penelitian menggunakan alat uji yang sudah terkalibrasi. Analisis data menggunakan anova non parametrik : uji kruskall wallis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan lingkar warna RGB menghasilkan warna Light Cyan pada katun, dan Honeydew pada sutera (2) hasil ketahanan luntur warna terhadap gosokan kering pada kain katun dan sutera memiliki hasil baik sekali (3) hasil ketahanan luntur warna terhadap pencucian dan penodaan pada kain katun (grayscale) berkategori jelek, (staining scale) berkategori baik; kain sutera (grayscale) berkategori kurang, (stainingscale) berkategori baik.

Keywords


fiksator jeruk nipis; pewarna bunga telang; ketahanan luntur warna

Full Text:

PDF

References


Fitrihana, N. (2007). Teknik Eksplorasi Zat Pewarna Alam Dari Tanaman Di Sekitar Kita Untuk Pencelupan Bahan Tekstil. Jurnal Online.

Fitrihana, N. (2010). Teknologi Fashion dan Tekstil. Yogyakarta: UNY Press.

Istimingsih. (1978). Pengantar Kimia Zat Warna. Bandung: Institut Teknilogi Tekstil.

Widihastuti. (2014). Teknologi Pencelupan Bahan Tekstil. Mata Kuliah Teknologi Tekstil. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i3.19566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.