PAS SUAI HASIL PEMBUATAN BLUS DENGAN POLA DASAR SISTEM MEYNEKE DAN SISTEM DANCKAERTS UNTUK WANITA BERTUBUH PENDEK GEMUK

Ida Sari Saraswati, Widyabakti Sabatari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil pas suai pembuatan blus dengan pola dasar sistem Meyneke untuk wanita bertubuh pendek gemuk, (2) hasil pas suai pembuatan blus dengan pola dasar sistem Danckaerts untuk wanita bertubuh pendek gemuk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah wanita dengan berat badan 59 kg dan tinggi badan 150 cm dengan IMT 26,2. Objek pada penelitian ini adalah pola blus menggunakan pola dasar sistem Meyneke dan sistem Danckaerts. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian untuk menilai hasil ketepatan pas suai blus dengan pola dasar sistem Meyneke dan sistem Danckaerts pada wanita bertubuh pendek gemuk. Hasil data dianalisis dengan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pas suai pembuatan blus dengan pola dasar sistem Meyneke untuk wanita bertubuh pendek gemuk memperoleh rata-rata 54 dan masuk kategori sangat baik dengan presentase ketepatan pas suai 90%, (2) hasil pas suai pembuatan blus dengan pola dasar sistem Danckaerts untuk wanita bertubuh pendek gemuk termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 54,67 dengan presentase ketepatan pas suai 91,11%. Ketepatan pas suai blus dengan pola dasar sistem Danckaerts memiliki nilai lebih tinggi daripada blus dengan pola dasar sistem Meyneke, akan tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan ketepatan pas suai pada kriteria tertentu. Dapat disimpulkan kedua sistem pola dasar tersebut baik digunakan dalam pembuatan blus untuk wanita bertubuh pendek gemuk disesuaikan dengan hasil yang ingin dicapai.

Keywords


blus untuk wanita gemuk pendek; pola dasar sistem Meyneke; pola dasar sistem Danckaerts

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Ita. 2020. Analisis Hasil Pembuatan Blus Menggunakan Pola Sistem Soen dan Danckaerts pada Wanita Bertubuh Pendek Gemuk. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Direktorat P2PTM. 2018. Kit Informasi Obesitas. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistics in Psychology and Education . New York: McGraw Hill.

Hubert, Stephanie Kay. 2013. A Comparison of Perceived Fit Issues of Apparel as it Relates to Body Image and Body Satisfaction Among High School Athletes and Non-Athletes Using 3-D Body Scan Technology. Theses and Dissertations: University of Arkansas, Fayetteville

Muliawan, Porrie. 2011. Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: Libri

Prahastuti, Endang. 2012. Aplikasi Pola Dasar Pakaian Sistem Charmant dan Danckaertz pada Berbagai Bentuk Tubuh Wanita. Jurnal TIBBS (Teknologi Industri Boga dan Busana). 3(1): 23-29

Pratiwi, Djati. 2001. Pola Dasar dan Pecah Pola Busana. Yogyakarta: Kanisius.

Rachmania, Laeli, Endah Purwaningsih, & Agus Sunandar. 2012. Analisis Tingkat Kenyamanan Gaun Berukuran L yang Dibuat menggunakan Pola Meyneke dan Pola So-en. Jurnal TIBBS (Teknologi Industri Boga dan Busana). 1: 37-43.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i2.19560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.