PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA GAMIS PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Ulfa Lailatul Syafaah, Sri Emy Yuli Suprihatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar pada siswa kelas X; 2) mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis kelas kontrol dalam pembelajaran tidak menggunakan bahan ajar pada siswa kelas X; 3) menguji adanya pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis siswa kelas X. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis kelas eksperimen menggunakan bahan ajar siswa kelas X berada pada kategori baik dengan nilai (mean) 77,68; 2) pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis kelas kontrol dalam pembelajaran tidak menggunakan bahan ajar siswa kelas X berada pada kategori baik dengan nilai (mean) 72,66; 3) adanya pengaruh pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis antara menggunakan dan tidak menggunakan bahan ajar sesudah diberi treatmen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh Thitung 7,598 Ttabel 1,995 dengan nilai signifikansi p 0,000<0,05. Maka disimpulkan bahan ajar berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola gamis kelas X Tata Busana di SMK N 4 Surakarta, dengan selisih nilai (mean) 5,02.

Keywords


Pencapaian kompetensi; bahan ajar; pola gamis; kelas eksperimen dan kelas control

Full Text:

PDF

References


Prasetyo, I. (1999). Logika dan Prosedur Penelitian. Jakarta: STIA-LAN.

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Prosefionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i2.19559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.