PENGARUH TEKNIK POUNDING, STEAMING, DAN IRON BLANKET TERHADAP HASIL PEWARNAAN MOTIF ECO PRINT MENGGUNAKAN DAUN JATI (Tectona grandis) PADA KAIN LINEN

Siti Fatimah Vika Alrasid, Widihastuti Widihastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil uji laboratorium ketahanan luntur warna eco print terhadap pencucian sabun dan panas setrika, (2) mengetahui arah warna yang dihasilkan dari teknik pounding, steaming, dan iron blanket, (3) mengetahui pengaruh teknik pounding, steaming, dan iron blanket terhadap hasil pewarnaan motif eco print menggunakan daun jati (Tectona grandis) pada kain linen dengan zat fiksasi tawas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni. Teknik pengumpulan datanya adalah pengujian kualitas hasil warna eco print daun jati pada kain linen ditinjau dari arah warna dan ketahanan luntur warnanya terhadap pencucian sabun dan panas setrika. Teknik analisis datanya statistik deskriptif dan anova nonparametrik yaitu Kruskal Wallis. Hasil penelitian menujukkan: (1) hasil uji laboratorium menujukkan bahwa ketiga teknik eco print ini memiliki ketahanan luntur warna yang baik, (2) teknik pounding menghasilkan arah warna marsala dengan nomor 18-1438 CTX, teknik steaming menghasilkan arah warna honeysuckle dengan nomor 18-2120 CTX, dan untuk teknik iron blanket menghasilkan arah warna radiant orchid dengan nomor 18-3224 CTX. (3) teknik pounding, steaming, dan iron blanket tidak berpengaruh terhadap hasil pewarnaan motif eco print menggunakan daun jati pada kain linen.

Keywords


Teknik Pounding; Steaming; Iron Blanket; Eco Print; Jati; Linen; Hasil Pewarnaan Motif

Full Text:

PDF

References


Asmayanur, indah. 2012. Analisis Vegetasi Dasar di Bawah Tegakan Jati Emas (Tectona grandis L.) dan Jati Putih (Gmelina arborea Roxb.) di Kampus Universitas Andalas. Jurnal Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas.

Harsoyo, B. (2016). Hujan Rejeki dari Budidaya Jati. Jawa Barat: PT Palapa.

Hidayat, pratikno. (2008). Teknologi Pemanfaatan Serat Daun Nanas Sebagai Alternatif Bahan Baku Tekstil. Jurnal FTI Universitas Islam Indonesia.

Indriastuti, murwani, badarudin, dkk. (2012). Perancangan SNI cara uji ketahanan luntur warna batik. Laporan akhir kegiatan. Balai besar kerajinan dan batik.

Irianingsih, N. (2018). Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun dan Bunga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jannah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Ekstrak Daun Jati (Tectona grandis L) Pada Level yang Berbeda Terhadap Kualitas Telur Itik.

Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alaudin Makasar.

Masyitoh, F. (2019). Pengaruh Mordan Tawas dan Cuka terhadap Hasil Pewarnaan Eco Print Bahan Katun Menggunakan Daun Jati. Gorga Jurnal Seni Rupa, 08, 387-391.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i2.19557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.