PENGARUH KESIAPAN FASILITAS PRAKTIK PRAKARYA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN CELEMEK SISWA KELAS X MAN 3 SLEMAN

Citrawati Ika Wahyudi, Emy Budiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui fasilitas belajar pada Kompetensi Pembuatan Celemek pada Mata pelajaran Prakarya siswa kelas X MAN 3 Sleman Tahun Ajaran 2020/2021, 2) mengetahui hasil belajar Kompetensi Pembuatan Celemek pada Mata Pelajaran Prakarya siswa kelas X MAN 3 Sleman Tahun Ajaran 2020/2021, 3) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar pembuatan celemek pada Mata Pelajaran Prakarya kelas X MAN 3 Sleman Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 135 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Selanjutnya sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus regresi linier sederhana, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) fasilitas praktik pada Mata Pelajaran Prakarya kelas X MAN 3 Sleman berada pada kategori rendah sebesar 54,81%, (2) hasil belajar Pembuatan Celemek pada Mata Pelajaran Prakarya kelas X MAN 3 Sleman berada pada kategori Belum Tuntas sebanyak 57,04%, (3) terdapat pengaruh antara fasilitas praktik terhadap hasil belajar Pembuatan Celemek pada Mata Pelajaran Prakarya kelas X MAN 3 Sleman, dengan t hitung 7.148 > t tabel 1.978 dan membandingan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pada analisis regresi linier sederhana. Analisis tersebut dinyatakan Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh fasilitas praktik terhadap hasil belajar


Keywords


fasilitas praktik; hasil belajar pembuatan celemek; siswa kelas x man 3 sleman.

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haris , D. I. (2016). Manajemen Fasilitas Pembelajaran . Gorontalo: UNG Press.

Siswanto. (1989). Panduan Mengajar Buku Kurikulum Pendidikan Teknik.

Jakarta : Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i2.19552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.