PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SULAMAN SMOCK DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMK N 1 KARANGANYAR

Intan Nur Fatimah, Enny Zuhni Khayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran sulaman smock Jepang dengan model project based learning di SMK N 1 Karanganyar dan pencapaian kompetensi siswa pada pelaksanaan pembelajaran sulaman smock Jepang dengan model project based learning di SMK N 1 Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Tata busana SMK N 1 Karanganyar dengan teknik proporsive sampling diperoleh sampel yaitu siswa XI Busana 2. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan judgmet Ekspert. Reliabilitas dibuktikan dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah:(1)pelaksanaan pembelajaran pembuatan sulaman smock Jepang dengan model project based learning terlaksana meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti ,dan penutup(2) angket pendapat siswa pada manfaat model Project Based Learning pada kategori membantu siswa 51,4%, mempermudah pemahaman belajar siswa 62,8%, memperjelas langkah praktek pembuatan sulaman smock Jepang 88,6%(3)pencapaian kompetensi siswa menunjukan 100 % tuntas KKM dengan rerata tercapai 85.15.

Keywords


pelaksanaan pembelajaran; project based learning; pencapaian kompetensi

Full Text:

PDF

References


Ana , Sunarsih dan Neni Rohaeni. (2013). Pengembangan Tugas Akhir Melalui Project Based Learning Model untuk Menngkatkan Generic Green Skills Siswa JPTK VOL 21, No 3.

Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian Hasil Belajar dan Pengembangan Karakter Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : Kemendikbud.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdaskan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Siswa SMK. JPTK VOL2, No.4

Priansa, Donni juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i1.19543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.