PENGARUH PENERAPAN SANKSI TERHADAP PELAKSANAAN K3LH PADA PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KELAS XI SMK N 2 GODEAN THE IMPACT OF PUNISHMENT ON OHS IMPLEMENTATION IN THE MAKING INDUSTRIAL CLOTHING SUBJECT FOR GRADE XI SMK N 2 GODEAN

Aprilliana Dyah Buwananinggrum, Sri Emy Yuli Suprihatin M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui pelaksanaan K3LH pada pembelajaran Pembuatan Busana Industri kelas XI SMK N 2 Godean tanpa menggunakan metode sanksi, (2) mengetahui pelaksanaan K3LH pada pembelajaran Pembuatan Busana Industri kelas XI SMK N 2 Godean dengan metode sanksi, (3) menguji adanya pengaruh penerapan metode sanksi terhadap pelaksanaan K3LH pada pembelajaran Pembuatan Busana Industri kelas XI SMK N 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK N 2 Godean yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelirian sebanyak 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan uji-t test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan K3LH pada pembelajaran Pembuatan Busana Industri tanpa menerapkan metode sanksi berada pada kategori tinggi (44%) dengan rerata 92,007; (2) pelaksanaan K3LH pada pembelajaran Pembuatan Busana Industri yang menerapkan metode sanksi berada pada kategori tinggi (79%) dengan rerata 98,746; (3) terdapat pengaruh positif penerapan sanksi terhadap pelaksanaan K3LH pada pembelajaran Pembuatan Busana Industri dibuktikan dengan besarnya signifikansi < 0,05) nilai t hitung yang diperoleh dari hasil independent sample t-test sebesar 2,056 lebih besar dari nilai t tabel 1,997 (2,056 > 1,997), dengan nilai signifikansi 0,044. Kata kunci : sanksi, KL3H, Pembuatan Busana Industri

This study aims to find out: (1) knowing the implementation of OHS in the learning of making industrial clothing in grade XI SMK N 2 Godean without using the sanksi method, (2) knowing the implementation of OHS in the learning of making industrial clothing in grade XI SMK N 2 Godean with the sanksi method, (3) ) tested the impact of the application of the sanksi method on the implementation of K3 in the learning of making industrial clothing for grade XI SMK N 2 Godean. This was a quantitative descriptive study. The research population comprised all students of Grade XI of Fashion Design of SMK N 1 Pengasih with a total of 103 students. The sample of consisting of 68 students. The data analysis technique was descriptive and simple t test which was previously carried out by the prerequisite analysis including the normality test and the homogeneity test. The results of the study show that: (1) the implementation of OHS in the learning of making industrial clothing without applying the sanksi method was in the high category (44%) with an average of 92.007; (2) the implementation of OHS in the learning of making industrial clothing that applies the sanksi method is in the high category (79%) with an average of 98.746; (3) there is a positive impact of the application of the sanksi method on the implementation of OHS in the learning of making industrial clothing as evidenced by the significance value <0.05 (0.00 <0.05) the t value obtained from the results of the independent sample t -test of 2,056 is greater than the t table value of 1,997 (2,056> 1,997), with a significance value of 0,044.Keywords: punishment, OHS, Making of Industrial Clothing

 


Full Text:

PDF

References


A. Malik Fadjar. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta; Raja Grafindo Agustin, Vivin Nurul. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Journal of Elementtary Education. 2 (1) halm 36-44. Semarang: PGSD FKIP Universitas Semarang Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Arief S. Sadirman. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Arifin, Noor. (1999). Ilmu Sosial Dasar. Bandung: CV. Pustaka Setia Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Cecep Dani Sucipto, SKM, M. Sc. (2014). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing Depdikbud.(2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komuniasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Cendikia Press Euis Horniatri, Titin Astini, Endang Tri Murti, (2009). Menerapkan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja, dan Lingkungan Hidup. Bandung: ARMICO Fadjar, Malik. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Hasan, Moch. Sya’roni dan Hanifa Rusdiana. (2018). “Penerapan Sanksi Edukatif dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta didik di MTS Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerta”. Jurnal Studi Keislaman. (Vol. 4 No. 2). Diakses pada 5 Februari 2021 Hamruni. (2008). Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset Heni Fa’riatul Aeni dan Isyeou Sriagustini. (2013). Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Yogyakarta: CV. Budi Utama Ismara, Ima dan Eko Priyanto. (2017). Bagaimanakah agar Laboratorium dan Bengkel Pendidikan Vokasi menjadi NYAMAN, SELAMAT dan SEHAT?. Yogyakarta: UNY Press Jerusalem, Mohammad Adam dan Enny Zuhnikhayati. (2010). Modul Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarya: Universitas Negeri Yogyakarta Kemenperin. (2014). Undang- Undang Nomor 3, Tahun 2014, tentang Perindustrian Kuswana, Wowo Sunaryo. (2017). Ergonomi dan K3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mangkunegara, Prabu. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama Martinawati, Wieke Putri. 2017. “Penerapan noKeselamatan nodan noKesehatan noKerja nodan noLingkungan noHidup no(K3LH) nodalam noPraktek noMenjahit noSiswa noKelas noXII nobusana noButik nodi noSMKN no1 noPandak noBantul”. Abstrak Hasil Penelitian Skripsi UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Moedjiono, Moh. Dimyati. (1993). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Moenir, A.S. (1987). Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung

Pengaruh Sanksi... (Aprilliana Dyah Buwananinggrum) 6

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta Ngalim Purwanto, M. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pangewa, Maharuddin. (2010). Perencanaan Pembelajaran (Suatu Standar Kompetensi Padagogik Pada Guru. Makasar: Badan Penerbit UNM Permennaker RI. (2010). Peraturan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor PER.08/MEN/VII/2010 tentang alat pelindung diri. Jakarta: Kementrian Tenaga Kerjadan Transmigasi Republik Indonesia Racmasari, Srirejeki. 2015. “Penerapan noMetode noReward noand noPunishment nodalam noMeningkatkan noPrestasi noBelajar noMengetik noSistem no10 noJari noSiswa noKelas noX noSMK noMuhammadiyah no1 noTempel”. Abstrak Hasil Penelitian Skripsi UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Ramadan, Prilla Relastiani. (2014). “Pengaruh noPengetahuan noK3 nodan noSikap no noterhadap noKesadaran noBerperilaku noK3 nodi noLab. noCNC nodan noPLC noSMK noNegeri no3 noYogyakarta”. Abstrak Hasil Penelitian Skripsi UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Rejeki, Sri. (2016). Modul Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan Risnawati, V. Nanick. (2014). “Busana Mencerminkan Kepribadian”. Jurna STIE Semarang (Vol 6, No 1). HLM. 18 Sabri, Alisuf. (1999). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Siregar, Sofyan (2010). Statistika Deskrptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Soedjono, Imam. (1980). Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja = The Techniquws of Supevision / Alfred R. Lateiner. Jakarta: Aksara Baru Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaj Rosdakarya. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta Suhardi, B. (2008). Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jendral Manajeman Pendidikan Dasar

dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional Suma’mur, D.K. (1981). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV. Haji Mas Agung Tarkawa, Sholichul, Lilik Sudiajeng. (2004). Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: Uniba Press Tarkawa. (2008). Kesehatan dan Keselamatan Kerja: Manajemen dan Implementasi K3 di temat Kerja. Surakarta: Harapan Press Wagiran. (2013). “Determinan Kinerja Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Mesin”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Nomor 1 tahun 17). HLM. 150




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i2.17246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1