HUBUNGAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA BIDANG BUSANA BAGI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 1 PENGASIH

Afiina Sayyidah, Dra. Widyabakti Sabatari, M.Sn

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar prakarya dan kewiraausahaan siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK Negeri 1 Pengasih; (2) Minat berwirausaha siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK Negeri 1 Pengasih; (3) Hubungan antara hasil belajar prakarya dan kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII Tata Busana SMK N 1 Pengasih sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilam sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan siswa Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih dinyatakan telah lulus 100% dengan nilai di atas rata-rata KKM; (2) Minat berwirausaha bidang busana bagi siswa Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih berada pada kategori sedang, sebanyak 23 siswa (41,8%); (3) Diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,326>0,266) yang juga berarti koefisien korelasi bernilai positif antara kedua variabel, dengan sig. 0,015 yang berarti Ha diterima maka terdapat hubungan antara hasil belajar prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di bidang busana bagi siswa kelas XII Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Pengasih.
Kata kunci : hasil belajar, minat berwirausaha, bidang busana

This study aims to find out: (1) the learning outcomes of craftsmanship and entrepreneurship in class XII students of the fashion department in SMKN 1 Pengasih; (2) the entrepreneurial interest in fashion of class XII fashion department in SMKN 1 Pengasih; (3) the relationship between the learning outcomes of craftsmanship and entrepreneurship with the interest of entrepreneurship in fashion of the fashion department in SMKN 1 Pengasih. This was a quantitative study using the correlational approch. The research population comprised 65 students of class XII fashion department in SMKN 1 Pengasih. The sampling technique was the simple random sampling technique. The data were collected using documentation and questionnaires. The validity instrument using the product moment correlation formula and the reliability using the Cronbach’s Alpha formula. The hypothesis was testes by the product moment correlation analysis and simple regression analysis. The results of the study show that: (1) the learning outcomes of craftsmanship and entrepreneurship of the Fashion Department students in SMKN 1 Pengasih have been able to pass 100% and all student have attained the score for minimum mastery criteria (KKM); (2) their entrepreneurial interest in the fashion sector was in the medium category with 23 students (41.8%. (3) It knows that rhitung is greater than rtable (0.326> 0.266) which the correlation coefficient is positive between both variable, with a significance of 0,015. Because the significance value less than 0.05, Ha is accepted, it can be concluded that there is a between the learning outcomes of craftsmanship and entrepreneurship on entrepreneurial interest in fashion of the fashion department students in SMKN 1 Pengasih.
Keywords: learning outcomes, interest in entrepreneurship, fashion

 


Full Text:

PDF

References


Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1