PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL PIRANTI MENJAHIT BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII PROGRAM TATA BUSANA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Inka Galuh Saraswati H., Dr. Dra. Emy Budiastuti, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media papan flanel piranti menjahit bagi siswa tunagrahita kelas VII program tata busana di SLB Negeri Pembina Yogyakarta ; (2) Mengetahui kelayakan media papan flanel untuk anak tunagrahita di kelas VII program tata busana SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII program keahlian tata busana SLB Negeri Pembina Yogyakarta yang terdiri dari 5 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrument dibuktikan melalui validitas isi berdasarkan penilaian dari 2 judgment expert. Hasil penelitian ini adalah : (1) berupa produk media papan flanel piranti menjahit pada mata pelajaran pengenalan piranti menjahit bagi siswa tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta; (2) kelayakan media papan flanel piranti menjahit berdasarkan : (a)penilaian ahli materi dan media dengan hasil sangat layak dan prosentase sebesar 100% ;(b)pada uji coba terbatas dengan hasil 67% sangat layak dan 33% layak ; (c) pada uji cobakelompok besar dengan hasil sangat layak sebesar 80% dan 20% layak.
Kata Kunci : Pengembangan media, papan flanel, piranti menjahit

This study aimed to: (1) develop a flannel board medium for sewing tools for students with mental disability in Grade VII of Fashion Design Program at SLB Negeri Pembina Yogyakarta; and (2) investigate the appropriateness of the developed medium. This was a research and development (R&D) study. The research subjects were 5 students of Grade VII of Fashion Design Program at SLB Negeri Pembina Yogyakarta. The data were collected through observations, interviews, and questionnaires. The instrument validity was assessed in terms of the content validity through expert judgment involving 2 experts. The results of this study were as follows. (1) The product was a flannel board medium for sewing tools for the subject of introduction to sewing tools for students with intellectual disability at SLB Negeri Pembina Yogyakarta. (2) The flannel board medium for sewing tools was: (a) very appropriate (100%) based on the assessment by the materials and media experts; (b) very appropriate (67%) and appropriate (33%) in the small-group tryout; and (c) very appropriate (80%) and appropriate (20%) in the large-group tryout.
Keywords: medium development, flannel board, sewing tools

 


Full Text:

PDF

References


AH Sanaky Hujair. 2011. Media Pembelajara Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Kaukaba. Yogyakarta.

Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali

Arief S. Sadiman, dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2012). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Sumantri, Mulyani, dan Permana Johar. 1998/1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Dirjen Dikti, Depdikbud.

S. Hamdi Ujang. (2009). Papan Flanel dan Papan Buletin. Diakses dari http://www.saepulhamdi.blogspot.com /2009/12/papan-flanel-dan-papan-buletin.html.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i3.17220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1