FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SETELAH MENEMPUH MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SI SMKN 6 PURWOREJO FACTORS AFFECTING THE ENTREPRENEURIAL INTEREST AMONG GRADE XII STUDENTS WHO HAVE TAKEN THE SUBJECT OF CREATIVE PRODUCTS AND ENTREPRENEURSHIP AT SMKN 6 PURWOREJO

Atiyatul Izzah, Sugiyem Sugiyem, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa kelas XII setelah menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 6 Purworejo; (2) mengetahui faktor yang paling dominan dari faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa kelas XII setelah menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 6 Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu: siswa kelas XII Tata Busana 1,2 di SMKN 6 Purworejo sebanyak 58 siswa. sampel sebanyak 47 mempunyai tingkat kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan judgment expert. Pembuktian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor- faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada siswa kelas XII Tata Busana SMKN 6 Purworejo yaitu perasaan senang, kemampuan berwirausaha, motif berprestasi, keinginan yang kuat, dukungan dan motivasi keluarga; (2) Faktor yang paling dominan dari faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa kelas XII setelah menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 6 Purworejo adalah faktor perasaan senang melaksanakan praktik kewirausahaan pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (43%).
Kata Kata kunci : Minat berwirausaha, Produk Kreatif dan Kewirausahaan

A This study aims to investigate: (1) factors affecting the entrepreneurial interest among Grade XII students who have taken the subject of Creative Products and Entrepreneurship at SMKN 6 Purworejo, and (2) dominant factors in the entrepreneurial interest among Grade XII students who have taken the subject of Creative Products and Entrepreneurship at SMKN 6 Purworejo.This was a descriptive study. The research population comprised Grade XII students of Fashion Design 1 and 2 at SMKN 6 Purworejo with a total of 58 students. The sample consisted of 47 students with a confidence level of 95% and an error margin of 5%. The sampling technique was the simple random sampling technique. The data were collected using a questionnaire. The instrument validity was assessed in terms of the construct validity through expert judgment. The instrument reliability was assessed by Cronbach’s Alpha formula. The data were analysed using the descriptive technique. The results of the study are as follows. (1) Factors affecting the entrepreneurial interest among Grade XII students include joy, entrepreneurial capability, achievement motivation, strong willingness, and family support and motivation. (2) The most dominant factors in the entrepreneurial interest among Grade XII students who have taken the subject of Creative Products and Entrepreneurship at SMKN 6 Purworejo are joy and interest in doing the entrepreneurship practicum (43%).
Keywords: Entrepreneurial interest, Creative Products and Entrepreneurship


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2013). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Banowati, Eva. (2014) Kewirausahaan Bagi Pemula. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Santrock, Jhon W. (2014) Psikologi Pendidikan. Diterjemahkan oleh Harya Bhimasena. Jakarta: Penerbit Salemba

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wagiran. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1