PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) THE EFFECT OF USE OF LEARNING VIDEO MEDIA ON ACHIEVEMENT OF COMPETENCY MAKING ROK SUAI IN BALAI LATIHAN WORK (BLK)

Claratessa Isma Oktaviani, Sri Emy Yuli Suprihatin M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi peserta kursus pembuatan rok suai sebelum menggunakan media video pembelajaran; (2) pencapaian kompetensi pembuatan rok suai peserta kursus sesudah menggunakan media video pembelajaran; dan (3) adanya pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunaan desain eskperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul tahun ajaran 2019 berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk aspek kognitif, lembar penilaian sikap untuk aspek afektif, dan tes unjuk kerja untuk aspek psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pencapaian kompetensi peserta kursus sebelum menggunakan media video pembelajaran terdapat 2 orang (12,5%) kompeten, serta 14 orang (87,5%) belum kompeten; (2) pencapaian kompetensi peserta kursus sesudah menggunakan media video pembelajaran terdapat 16 orang (100,00%) kompeten dalam pembuatan rok suai; dan (3) ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (10,971>2,131), apabila dibandingkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).

Kata kunci: media video, pencapaian kompetensi, dan rok suai

This study aims to determine: (1) the achievement of the competence of participants in making a Suai skirt before using instructional video media; (2) the achievement of competence in making a skirt for participants in the course after using the learning video media; and (3) there is an influence of the use of instructional video media on the achievement of competence in making Suai skirts in the Work Training Center (BLK) of Bantul Regency. This research uses experimental design. The population of this study were all course participants in the Job Training Center (BLK) of Bantul Regency in the 2019 school year totaling 16 people. Data collection techniques used multiple choice tests for cognitive aspects, attitude assessment sheets for affective aspects, and performance tests for psychomotor aspects. Data analysis techniques using the Paired T Test. The results showed that (1) the achievement of the competence of course participants before using instructional video media there were 2 people (12.5%) competent, and 14 people (87.5%) not competent; (2) the competency achievement of course participants after using instructional video media there are 16 people (100.00%) competent in making custom skirts; and (3) there is an influence of the use of instructional video media on the achievement of the competence of making a Suai skirt at the Work Training Center (BLK) of Bantul Regency. This is indicated by the value of t-count greater than t table (10.971> 2.131), when compared with a significance value of 0.000 less than 0.05 (0.000 <0.05).

Keywords: video media, achievement of competence, and custom skirt


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kusrini, Ria. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembuatan Pola Blus Di SMK N 3 Klaten. JPTK,Vol.16, No.1.

Muthiah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Rok Suai Kelas XI Tata Busana Di SMK Negeri 1 Ngawen. JPTK,Vol.16, No.2.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Primavera, Ika Risqi Citra dan Suwarna, Iwan Permana. 2014. Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta, 11 September 2014.

Rohendi, Dedi. (2010). Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK). Vol. 3 No.1 / Juni 2010.

Riyana, Cepi. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1