PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK KARYA RINI YHI KOWANI

Ervina Melinda Anggraeni, Sri Emy Yuli Suprihatin, M. Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video pembelajaran pada materi pembuatan saku passepoille (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran pembuatan saku passepoille ditinjau dari ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Tata Busana SMK Karya Rini YHI KOWANI yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan: (1) video pembelajaran pembuatan saku passepoille pada mata pelajaran teknologi menjahit di SMK Karya Rini menggunakan tahapan 4D menurut Thiagarajan; (2) kelayakan video pembelajaran ditinjau dari ahli materi mendapat skor 67 (98,50%) dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan multimedia ditinjau dari ahli media mendapat skor 72 (100%) dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan multimedia ditinjau dari uji coba skala kecil mendapat skor 68 (85%) dinyatakan sangat layak dan uji coba skala besar mendapat skor 70,70 (88,40%) dinyatakan sangat layak. Dengan demikian video pembelajaran dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci: video pembelajaran pembuatan saku passepoille, teknologi menjahit, tata busana

 

This study aimed to: (1) produce instructional video for the topic of passepoille pocket making, and (2) investigate the appropriateness of learning video for making a passepoille pocket according to the material experts, media experts, and students. This type of research is R&D using the 4D development model developed by Thiagarajan. The subjects of this study were grade X students of Fashion Management at SMK Karya Rini YHI KOWANI, who were 24 students. Data collection techniques used in this study were observation and questionnaire. The data analysis technique is done by descriptive statistics. The results of this study are: (1) video product for making pocket passepoille on sewing technology subjects at SMK Karya Rini using 4D stages according to Thiagarajan; (2) the feasibility of the learning video in terms of the material experts got a score of 67 (98.50%) which was very feasible; (3) the feasibility of multimedia in terms of media experts score 72 (100%) which was very feasible; (4) the feasibility of multimedia in terms of small-scale trial scores 68 (85%) which was very feasible and large-scale trials score 70.70 (88.40%) declared very feasible. This the learning video is declared very feasible and can be used as a learning medium

Keywords: Videos Learning, Passepoille Pocket, Fashion Vocational School

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Saroso, S. (2005). “Upaya Pengembangan Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia”. diakses pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 20:15 WIB pada laman http://etraining.tkplb.org/file.php/1/moddata/data/3/9/10/5650.pdf

Mulyatiningsih, E. (2013). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i7.17106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1