PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA KEMEJA PADA SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH

Rika Isputri, Sugiyem, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran membuat pola kemeja pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah. (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran membuat pola kemeja pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D menurut Thiagrajan. Tahapan pengembangannya terdiri dari; (1) pendefinisian (2) perancangan (3) pengembangan; (4) penyebarluasan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Validitas dibuktikan dengan validitas isi, dan reliabilitas dibuktikan dengan kesepakatan antar rater. Teknik analisis data dengan mencari kriteria sikap berdasarkan jarak interval dan nilai rata-rata dari aspek yang dinilai. Hasil penelitian ini adalah : (1) Produk video pembelajaran membuat pola kemeja yang layak digunakan. (2) Uji kelayakan materi dinyatakan sangat layak dengan presentase 97,91%. Uji kelayakan media dinyatakan sangat layak dengan presentase 94,37%. Uji coba skala kecil dinilai layak dengan nilai 78,61%. Hasil uji coba skala besar layak dengan nilai 79,1%. Berdasarkan hasil uji coba kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran membuat pola kemeja pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah dinyatakan “layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : video, pola kemeja, busana butik

 

This study aimed to: (1) develop a learning video for shirt pattern making for Grade X students of Boutique Clothing at SMK Muhammadiyah Berbah, and (2) investigate the appropriateness of the developed learning video. This was a research and development study using Thiagarajan’s 4D development model. The research and development stages included: (1) definition (2) design, (3) development, and (4) dissemination The data were collected through observations, interviews, and questionnaires. The validity was assessed in terms of content validity using expert judgment and the reliability was assessed by the interrater agreement. The data analysis was done by looking for the criteria based on the interval and the mean of the assessed aspects. The results of the study were as follows. (1) The research product was a learning video for shirt pattern making. (2) The materials appropriateness test showed that the materials were very appropriate by 97.91%. The results of the media appropriateness test showed that the media were very appropriate by 94.37%. The small-scale tryout appropriate with a mean of 78.61%. The large-scale tryout, the media were appropriate with a mean of 79.1%. Based on the results of the appropriateness tryouts, it can be concluded that the learning video for shirt pattern making for Grade X students of Boutique Clothing at SMK Muhammadiyah Berbah is appropriate to be used as learning media.
Keywords: video, shirt pattern, boutique clothing

 


Full Text:

PDF

References


Bambang Eka Purnama. 2013. Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta. Graha Ilmu

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta. Gava media.

Eko Putro Widoyoko. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Endang Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Goet Poespo. 2005. Dinamika Busana Pria.Yogyakarta. Kanisius.

Muhammad Yaumi. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta. pernadamedia group.

M. H. Wancik. 1995. Bina Busana Pelajaran Menjahit Pakaian Pria. Jakarta. Pt. Gramedia.

Sri Wening, 2013. Modul Busana Pria. FT UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i7.17104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1