PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN KEMEJA DALAM MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI

Eviana Rochayati, Sri Emy Yuli Suprihatin, M. Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja dalam mata pelajaran busana industri siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonosari secara keseluruhan; 2)mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja dalam mata pelajaran busana industri siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonosari ditinjau dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir (penutup). Metode penelitian menggunakan evaluasi dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 61 orang.
Hasil penelitian menujukkan: 1)pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja secara keseluruhan dengan perolehan mean sebesar 35,20 masuk dalam kategori sangat baik; 2)pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja ditinjau dari kegiatan pendahuluan dengan perolehan mean sebesar 10,03 masuk dalam kategori sangat baik; pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja ditinjau dari kegiatan inti dengan perolehan mean sebesar 11,90 masuk dalam kategori baik; dan pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja ditinjau dari kegiatan akhir/penutup dengan perolehan mean sebesar 13,25 masuk dalam kategori sangat baik.

 

This study aims to evaluate: 1) the implementation of shirts making learning in the industrial clothing subject for grade XI student of Fashion Design of Public Vocational High School 1 of Wonosari; 2) the implementation of shirts making learning in the industrial clothing subject for grade XI student of Fashion Design of Public Vocational High School 1 of Wonosari in terms of the opening, main and closing activities. The research method uses evaluation and is analyzed using descriptive statistical analysis. The research subject were grade XI students of Fashion Design of Public Vocational High School 1 of Wonosari with a total of 61 students
The results showed: 1) the implementation of shirt making learning as overall with a mean acquisition of 35.20 included in the excellent category, the implementation of shirt making learning in terms of the opening activities with a mean acquisition of 10.03 included in the excellent category; the implementation of shirt making learning in terms of the main activities with a mean acquisition of 11.90 included in either category; and the implementation of shirt making learning in terms of the closing activities with a mean acquisition of 13.25 included in the excellent category.
Keywords: learning, shirt making at Public Vocational High School 1 of Wonosari

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4537694/jumlah-pengangguran-ri-turun-jadi-682-juta-orang. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2019 Pukul 06.00 WIB.

Jumanta Hamdayana. (2017) Metodologi Pengajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara

Nana Sudjana.(2000). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Sinar Baru Algesindo

Slameto. (1991). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i7.17103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1