TINGKAT PENGUASAAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Nur Septiani Ayuningtyas, Dr. Sri Wening, M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui jumlah siswa yang sudah kompeten dalam mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil; 2) mengetahui tingkat penguasaan sesuai dengan level kognitif dalam materi pengetahuan bahan tekstil di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa Busana SMK Negeri 4 Yogyakarta sebanyak 121 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, hingga diperoleh sampel sejumlah 90 siswa. Data penelitian diperoleh dari tes pilihan ganda yang diberikan pada siswa saat sesudah proses pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jumlah siswa yang kompeten hanya 36 dari 90 siswa yang kompeten, jika dihitung dengan persen hanya 40% yang kompeten. Keenam level tersebut juga dihitung rata-rata tiap level kognitif yang menunjukkan pada level C1 sebanyak 76.67%, level C2 sebanyak 88.18%, level C3 sebanyak 70.67%, level C4 sebanyak 72.41%, level C5 sebanyak 57.33%, dan level C6 sebanyak 64.44%.
Kata kunci: Kognitif, Pelajaran Tekstil, SMK, Tata Busana

 

The purpose of this study; 1) to determine the number of students who are competent in the subjects of textile material knowledge; 2) to find out the mastery level based on the cognitive level in the textile material knowledge subject. The study used quantitative descriptive research method. The research population are the total of 121 Fashion Design students of SMK Negeri 4 Yogyakarta. Simple random sampling technique was used to take the data, the samples of 90 students was obtained. The data research was collected by using multiple choice tests which were given to students after the teaching learning process. The data was analyzed using quantitative descriptive . The results: 1) The number of competent students were only 36 out of 90 students in total, if it is calculated by percentage, only 40%. 2) the average of each cognitive level which showed that C1-C6 level were 76.67, 88.18%, 70.67%, 72.41%, 57.33%, and 64.44%. Keywords: Jigsaw, Vocational School, Fashion, Academic Achievement, Textile Lessons

 


Full Text:

PDF

References


Tingkat Penguasaan… (Nur Septiani Ayuningtyas)




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1