PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUSANA INDUSTRI PEMBUATAN BLUS PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK N 1 WONOSARI

Pramanda Arif Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran busana industri pembuatan blus pada siswa kelas XI busana butik di SMK N 1 Wonosari, (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran busana industri pembuatan blus pada siswa kelas XI busana butik di SMK N 1 Wonosari pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel menggunakan sampling jenuh yang berjumlah 32 ksiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan wawancara. dengan Validitas Konstruk. Pembuktian reliabilitas dengan menggunakan antar rater. Pengolahan data menggunakan Ms. Excel dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran busana industri pembuatan blus siswa Kelas XI Busana Butik SMK N 1 Wonosari telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 72%. Kegiatan pendahuluan telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 72 %. Kegiatan Inti telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 71 %, Dan kegiatan penutup telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 73%.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Blus.

 

This study aims to find out: (1) the implementation of the learning of industrial clothing in blouse making for Grade XI students of boutique clothing of SMK 1 Wonosari, and (2) the implementation of the learning of industrial clothing in blouse making for Grade XI students of boutique clothing of SMK 1 Wonosari.
This was a quantitative descriptive study with a survey approach. The sample was selected by saturation sampling technique by including all members of the population in the sample. The sample comprised Grade XI students at boutique clothing of SMKN 1 Wonosari with a total of 32 students. The data were collected using observation sheets, questionnaires, and interview guidelines. The content validity was assessed in terms of the construct validity. The reliability was assessed by the interrater technique. The data were processed by MS Excel with quantitative descriptive techniques.
The results of the study are as follows. The learning of industrial clothing in blouse making for Grade XI students of Boutique Clothing of SMKN 1 Wonosari has been carried out well by 72%. The preliminary activities are conducted well by 72%. The main activities have been implemented well by 71%. The closing activities has been carried out well by 73%.
Keywords: Implementation of Blouse Learning

 


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar.(2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2008. Metode Diskusi.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2015). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman, (1994) .Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Bina Aksara.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,Bandung: Alfabeta.

Moelong. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,Bandung: Alfabeta.

Permendikbud. No.20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud. No.22 (2006). Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Perdirjen Dikdasmen No.464/D.D5/KR/2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1