PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODUL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS XI MAN GODEAN

Nanda Agnesia Tommi, Dra. Kapti Asiatun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum menggunakan media modul, 2) Pencapaian hasil belajar membuat pola blus sesudah menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran, 3) Pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum menggunakan media modul yaitu 30,30%. 2) pencapaian hasil belajar membuat pola blus setelah menggunakan media modul yaitu 100,00%, 3) pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean menunjukkan ada beda yang signifikan yaitu terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum dan sesudah menggunakan media modul. Besarnya rata-rata untuk data pre-test adalah sebesar 71,80 dan nilai rata-rata untuk data post-test adalah sebesar 89,77. Hasil ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar membuat pola blus siswa setelah menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran mata pelajaran KHM Busana meningkat sebesar 17,97 atau sebesar 25,03%.
Kata kunci : media modul, hasil belajar, pola blus

 

This study aims to study: 1) Achievement of learning outcomes in making blouse patterns before using the module media, 2) Achievement of learning outcomes for making blouse patterns using media modules as learning aids, 3) The effect of the use of media modules on learning outcomes to make the pattern of subjects KHM Clothing Class XI MAN Godean. This type of research is a quasi experimental study. The research subjects were 33 students of Grade Xl of MAN Godean. The data were collected using a test of the knowledge to make blouse patterns. The data were analyzed using the descriptive analysis technique and the t-test through the assumption tests of normality and homogeneity. The results of the study were as follows. 1) Regarding the attainment of the learning outcomes in making blouse patterns before using the module media, 30.30%. 2) Regarding the attainment of the learning outcomes in making blouse patterns after using the module media, 100%. 3) The effect of the module media use on the attainment of the learning outcomes in making blouse patterns in the subject of the ILS in Fashion Design in Grade XI of MAN Godean was indicated by a significant difference. There was a difference in the attainment of the learning outcomes in making blouse patterns before and after using the module media. The pretest mean score was 71.80 and the posttest mean score was 89.77.These results indicated that the students’ attainment of the learning outcomes in making blouse patterns after using the module media as a learning aid for the subject of the ILS in Fashion Design improved by 17.97 or 25.03%.
Keywords: Module Media, Learning Outcomes, Blouse Patterns

 


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. (2004). Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Martubi. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.22 No. 4.

Muhammad A. 2015. Pengaruh Pembelajaran Responsi Praktikum Dan Lembar Kerja Terpadu Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktik Pengukuran Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 22 No. 4.

Nana, Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riswan D. D. & Pradoto P. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berdasar Hasil Inquiry pada Praktik Las Asitilin Mata Kuliah Praktik Fabrikasi 2. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 19 No. 2.

Sudjana, N & Rivai, A. (1992). Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru.

Tri Rahayu. (2010). Pengembangan Modul Pembuatan Pola Blus Secara Konstruksi Untuk Siswa Kelas XI SMK N 1 Ngawen. Yogyakarta: Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogykarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1