HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU MEMBUAT POLA BLUS DENGAN PRESTASI BELAJAR KELAS X SMK NEGERI 2 GODEAN

Lia Ayu Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manajemen waktu belajar membuat pola blus, (2) prestasi belajar, (3) hubungan manajemen waktu dengan prestasi belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 2 Godean dalam praktek membuat pola blus. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Tata Busana SMK Negeri 2 Godean dengan populasi sebanyak 90 orang. Sampel penelitian sebanyak 73 orang ditentukan dengan tabel Krejcie Morgan serta Cohen. Analisis data dilakukan uji normalitas data dan uji linearitas data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen waktu siswa 0% dalam kategori sangat kurang, 4,109% kurang, 15,068% cukup, 65,753% baik, 15,068% sangat baik, (2) prestasi belajar berdasarkan nilai raport guru diperoleh klasifikasi hasil data nilai mencapai tuntas 97,26%, tidak tuntas 2,74%, (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar atau dapat disingkat: Ha: ρ≠0) berdasarkan dari uji normalitas diperoleh 0,080>0,05, uji linearitas diperoleh hasil 0,794>0,05, hipotesis data rhitung: 0,535>rtabel: 0,235, ρ: 0,000<0,005.
Kata kunci: manajemen waktu, prestasi belajar, membuat pola blus.

 

This study aims to find out: (1) the learning time management, (2) the learning achievement of the students, and (3) the relationship between the time management and the learning achievement of the students of Grade X of Fashion Design of SMK Negeri 2 Godean in the practice of making blouse patterns. This was a correlational study. The research population comprised Grade X students of the Fashion Design Department of SMK Negeri 2 Godean with a total of 90 students. The sample size of 73 students was determined by a table by Krejcie and Morgan and one by Cohen. The data analysis used tests of data normality test and data linearity. The results of the study are as follows. (1) regarding the students’ time management, 0% is very poor, 4.109% are less, 15.068% are moderate, 65.753% are good, and 15.068% are very good. (2) regarding the learning achievement based on students’ report cards, 97.26% attain the mastery and 2.74% do not attain the mastery. (3) there is a significant positive correlation between the time management and the learning achievement or Ha: ρ ≠ 0. The normality test shows 0.080 > 0.05, the linearity test shows 0.794 > 0.05, and the hypothesis testing shows robserved = 0.535 > rtable = 0.235 and p = 0.000 < 0.005.
Keywords: time management, learning achievement, making blouse patterns.

 


Full Text:

PDF

References


Andani, Meri. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Pembuatan Pola Blus di SMK Negeri 1 Pandak. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P., (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. rev.ed. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Karyoto. (2016). Dasar-dasar Manajemen Teori, Definisi dan Konsep. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Moenir, H.A.S., (1995). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Rusadi, S.H. (2008). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Abstraksi. Skripsi.Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Siswanto. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryani, Ayu. (2016). Hubungan Disiplin Belajar dengan Pencapaian Kompetensi Praktik Perencanaan dan Pembuatan Marker Layout Siswa Kelas XI Tata Busana SMK N 4 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1